Tanda dan Gejala Chipset Motherboard Rusak Berdasarkan Pengalaman

Sudahkah anda tau tanda dan gejala awal dari kerusakan chipset motherboard terutama PC dan laptop, nah ini saya belajar dari pengalaman yang sering saya alami. Sebenarnya gejala dari masalah ini tidak hanya satu , dua, melainkan banyak namun disini saya akan memberikan tanda yang paling sering terjadi :
gejala tanda chipset motherboard pc laptop rusak

1. Start up lemot dan berat
Nah ini bisa jadi chipset anda mulai bermasalah, setidaknya tanda lemot yang muncul mulai dari BIOS keluar menunjukkan bahwa mobo anda sudah tidak normal, berbeda dengan lemot saat loading OS, ini bisa jadi karena OS yang erorr atau sudah minta di instal ulang karena banyak virus. tanda ini sering saya jumpai dan akhirnya juga akan matot.

2. PC suka nyala suka tidak, Kipas muter
Ini juga pernah saya alami, kerusakan yang terjadi adalah kipas tetap bergerak namun tidak mau menyala di monitor, gejala seperti ram rusak namun ketika ram kita coba d PC lain ternyata normal. VGA juga normal, ternyata saat dipencet power kipas nyala namun tidak mau restart. Kadang saat kita diamkan beberapa saat lalu kita pencet lagi power ternyata bisa sembuh lagi, dan nanti tidak mau nyala lagi setelah di shut down / dimatikan

Nah saya kira 2 masalah diatas bisa menjadi pengalaman juga bagi anda, kalau sudah rusak chipsetnnya ya saran saya ganti baru saja, kecuali mobo anda kelas high ende dengan harga mahal. Seberanya masih bisa dibetulkan dengan mengganti IC namun akan beresiko rusak lagi dan juga harga mahal. Sedikit berbagi pengalaman semoga bermanfaat. Jika cerita ini berbeda dengan pengalaman anda jangan diambil hati ya.