Apa Sih Penyebab Catridge Printer Membentur Kiri dan Kanan Body Printer dengan Suara Keras?

Cara mengatasi catridge printer membentur kiri dan kanan dengan suara keras memang bisa dibilang sulit, karena langkahnya anda harus membongkar cover printer. Pengalaman saya adalah sebuah printer HP F1200, 3535, 3920. Dari segi mesin semua memang terlihat sama kecuali tipe F yang menyertakan scanner di atasnya. Namun di area komponon motor tidak jauh berbeda.

Nah jika terjadi benturan keras ke kiri kanan catridge berjalan tanpa kontrol biasanya terjadi karena komponen seperti pita penggaris di belakang bagian catridge yang erorr. Bisa hilang garisnya atau bisa juga kotor keciprat tinta. Coba lepas dulu dan jika ada kotor bersihkan dahulu. Untuk melepasnya juga tidak terlalu sulit. Anda bisa mulai dari bagian kiri dulu baru bagian kanan akan mengikuti. Setelah dilepas bersihkan dengan sabun atau kalau tinta susah hilang bisa coba pakai tiner. Pernah saya coba dan aman tidak menghilangkan garis asli printer.

masasalah printer hp catridge bunyi keras benturan
Setelah dibersihkan jangan lupa memasang kembali, ingat jangan sampai kebalik. Jadi ada bentuk bulat dan segitiga hitam menghadap ke atas itu ada di sebelah kanan. Kalau dibalik di kiri maka jalan catridge tidak akan terkontrol seperti semula. Jadi pita garis ini dimanfaatkan untuk menjadi monorel istilahnya mengantarkan catridge ke kiri dan kekanan dengan kontrol garis lembut yang ada di pita tersebut.

Cek juga bagian belt atau rantai yang menggerakkan catridge, jenisnya seperti karet yang bergerigi, kadang sudah longgar dan anda harus menggantinya. Walaupun bisa diakali juga dengan memotongnya dan bagian yang dipotong di lepas pas di bagian belakang catridnya, karena disitu ada bagian yang terjepit. jadi sambungan letakkan disitu.

Nah setelah anda yakin sudah bersih dan karet sudah dalam keadaan normal maka anda bisa mencobanya kembali. Jika sudah pas maka catridge akan berjalan dengan normal. Sistem ini sebenarnya hampir sama di setiap printer. Jika ada priner di rumah ga dipakai dan rusak anda bisa mencoba untuk membetulkannya sendiri. Sambil menjadi kelinci percobaan. hehe.