4 Langkah Memperbaiki Laptop Rusak Tidak Mau Booting

Cara memperbaiki laptop yang tidak mau booting tidak semudah seperti apa yang dibayangkan. Orang awam tentu akan kaget dan kesulitan untuk memperbaikinya. Namun tidak ada salahnya anda mencoba beberapa tips mudah dan gratis yang akan kami berikan disini. Jika masih tidak bisa maka anda harus serahkan pada ahlinya saja. Langsung saja apa yang harus kita lakukan ketika laptop kita tiba-tiba tidak mau booting.

cara memperbaiki sendiri laptop mati/rusak jatuh tidak mau booting

Langkah awal adalah mengingat awal mula penyebab matinya laptop/ Bisa jadi karena lama tidak digunakan, lama tidak di charge, batere kehabisan, atau juga konsleting listrik. Namun jika anda tidak tau maka cobalah langkah dibawah ini :

  1. Sambungkan kabel power ke laptop, jika memang ada masalah dengan ic charger yang biasanya laptop hanya bisa digunakan menggunakan batere maka pastikan bahwa batere laptop anda masih memiliki energi lstrik untuk menghidupkan laptop. Lihatlah indikator power charge pada laptop. Apa masih hidup dan normal.
  2. Lepaskan dari docking station karena bisa saja benda ni menjadi biang permasalahan
  3. Lepas semua perangkat eksternal, mulai dari USB, mouse, keyboad eksternal, dll karena bisa saja ini menjadi masalah laptop tidak mau boting
  4. Langkah terakhir adalah lepas batere, diamkan beberapa saat, ekan tombol power saat betere belum terpasang untuk membuang energi listrik sisa. kemudian coba hidupkan dengan kabel power tanpa batere, jika tetap tidak bisa hidup maka coba lagi dengan batere. 

Beberapa langkah diatas adalah encegahan sederhana, jika laptop memang mati sebagian besar masalah adalah pada hardware power kalau di PC seperti PSU nya. Bentuknya seperti IC berkaki dan jika terjadi masalah maka suplai listrik ke hardware laptop menjadi tidak normal. Banyak yang bilang ini ic regulatronya dan saat servis biayanya berkisar antara 250 ribu s.d 300 ribuan. Sedikit tips semoga bermanfaat.