Cara Jitu Mengatasi Bluescreen Saat Install Ulang Windows XP & 7

Bluescreen Saat Install Ulang Windows xp atau windows 7 menjadi kesulitan tersendiri bagi seorang teknisi komputer. BSOD ini mengesalkan karena terjadi saat proses copy windows file dari cd ke hardisk. Bagi yang sudah berpengalaman saja belum tentu masalah ini bisa dibereskan dengan sebentar. kadang butuh waktu yang cukup lama apakah sumber blue screen ini berasal dari RAM, hardisk atau processor.
mengatasi memperbaiki bluescreen saat install ulang windows xp 7

Dari pengalaman saya membperbaiki komputer PC, ke 3 komponen inilah paling sering menjadi biang keladi blue screen.

1, Masalah RAM
Pernah terjadi pengalaman RAM yang masih bisa digunaakan untuk booting komputer kadang tidak bisa digunakan untuk install ulang karena mungkin kualitas memorynya sudah buruk. Maka anda perlu coba pinjam ram komputer lain yang masih sehat.

2. Masalah hardisk
Hardisk bad sector juga menjadi masalah sering terjadi, anda perlu lakukan scan bad sector dengan HBCD atau dengan aplikasi yang banyak tersedia di internet. 

3. Masalah pada processor / kipas pendingin
Kipas processor renggang bisa menjadi biang keladi BSOD saat install ulang, pengelaman BSOD ini terjadi saat format hardisk saat install windows xp. Saat copy file dari kaset ke HD sering rterjadi blue screen.

Untuk mengatasi masalahs ebaiknya anda memiliki cadangan komputer yang sehat jadi anda bisa mendeteksi dimana kerusakan tersebut terjadi.