Berapa sih Biaya Servis Ganti Lampu LCD Projector? Ini Pengalaman Saya

Berapa sih biaya ganti lampu mati LCD Projector?, pasti banyak yang nanya masalah yang mirip kayak saya ini. Masalah ini kebetulan saya temui setelah 2 buah Projector LCD dengan merk panasonic dan NEC rusak dalam jangka waktu yang beredekatan. Yang panasonic rusak nya gambar bintik meleleh, kata tukang servisnya masalah pada DMD Chip tapi karena ini teknologi baru jadi biaya gantinya juga mahal, kisarannya 3 jutaan lebih, kata si tukang servis mending beli baru lagi katanya. Ada benernya juga sih. :D

Nah sekarang tinggal lCD satnya dengan merk NEC kalau ga salah tipe VT 961. Rusak nya ketika dihidupkan lampu indikator nyala dan kipas juga nyala tapi lampu tetep die aja ga keluar cahaya sehingga saya curiga rusaknya karena lampu yang sudah lama. Memang sebelum rusak warnanya kelihatan redup dan kekuningan di layar hasilnya.

Setelah dibawa ke tukang servis biaya ganti lampu juga ternyata lumayan gan semua, kisaran 1,6 juta s.d 2,1 jutaan. Padahal kalau ganti lampunya aja tutorial di youtube juga banyak dan terlihat sangat mudah. Namun apa daya karena onderdil kayak gini juga tidak semua orang jual jadi kita ikuti saja yang namanya hukum alam, siapa butuh disitulah hukum ekonomi akan bergerak. 

Nah bagi anda pengguna LCD Projector yang masih sehatrawatlah dengan baik jangan sampai kayak saya karena kalau sudah rusak ternyata biayanya mahal juga sih. Kesalahan saya waktu itu adalah karena setiap selesai dipakai kipas ga saya tunggu sampai mati, jadi langsung main copot aja tu kabel power jadi kemungkinan lampu masih panas tapi kita udah cabut power. jadi kipas juga ikut berhenti dan membuat komponen jadi hancur.

2 Responses to "Berapa sih Biaya Servis Ganti Lampu LCD Projector? Ini Pengalaman Saya"

  1. ternyata mahal ya ganti lampu projector itu, dengan harga segitu di toko onlen kita bisa dapat yang baru.

    ReplyDelete
  2. Akhirnya, ada pencerahan ttg proyektop

    ReplyDelete