Masalah yang sering terjadi saat sharing printer dari WIndows 7 ke XP

Pernahkah anda mengalami susahnya share printer dari komputer dengan OS 7 ke windows XP, itulah yang saya alami hari ini, setidaknya butuh sekitar setengah hari untuk mengatasi masalah ini. Yah karena memang saya bukan ahli IT dan basic cuma makan bangku SMA jadi wajar. hehe.. Masalah yang terjadi adalah ketika saya masuk di menu printer and device, kemudian saya searching printer yang dishare, saya tidak menemukan alamat tujuan yang saya inginkan. Ada namun bukan komputer client yang ingin saya tuju.

Setelah utak atik sana sini akhirnya ketemu juga masalahnya. ternyata yang menjadi masalah adalah posisi komputer pada menu home network, public network, dan worgroup. Disinilah masalahnya, dimana di komputer windows 7 kita harus memilih yang home network saja. 
Caranya adalah masuk ke control panel > Network and internet >network and sharing dan akanm uncul gambar dibawah ini :

masuk ke lingkaran diatas klik saja


pilih yang home network saja

dan berikan centang untuk semua menu diatas


Jadi di tutorial yang diberikan kebanyakan di internet ternyata mereka hanya membahas mengenai bagaimana cara menshare printer tanpa memperdulikan aspek lain, apakah antar komputer jaringan tersebut sudah konek atau belum, kalau belum maka di search sampai nenek peang juga ga bakalan ketemu. Dan lagi anda juga harus matikan saja firewall supaya sharing bisa lebih lancar.
Begitu saja fren ini hanya pengalaman jadi ya mungkin tiap orang akan berbeda kasusnya, jangan malu untuk utak atik sendiri sampai jadi. salam olahraga kawan.

0 Response to "Masalah yang sering terjadi saat sharing printer dari WIndows 7 ke XP"

Post a Comment