Harga Kabel LAN/UTP Per meter, dan konektor RJ45

Baru-baru ini saya harus membelanjakan sejumlah uang untuk membeli kabel UTP karena ingin membangun jaringan di kantor saya. Yah karena memang tidak banyak yang mengerti komputer tentu sayalah yang dipasrahi. Setelah cari kesana kesini harga kabel UTP yang bellden USA berada di kisaran harga 4500 per meter, tanpa pikir panjang saya membeli 70 Meter. Nmun anda jangan keget karena harga di beberapa toko komputer juga sudah dijual di kisaran harga 5000 per meter. Sedangkan untuk konektor RJ45 saya beli yang lumayan bagus yaitu harga 3000 per pcs nya. Ada juga yang murah 500 an namun lebih baik beli yang bagus sekalian.

Setelah semua siap ternyata ada satu yang lupa yaitu tang krimping, untuk menyambung kabel tadi, masalahnya harga tang krimping yang bagus memang  mahal sekitar 175 ribuan dengan merk cisco, namun saya putuskan untuk membeli tang krimping biasa yang 40 ribuan karena saya juga jarang membutuhkannya dan jugaini kan buat kantor, bukan buat tukang servis jadi harus tetap menyesuaikan dengan pagu atau batas harga belinya.