Berapa Kisaran Harga Kabel Sata/IDE to USB. Apa saja manfaatnya Untuk Pengguna Netbook?

Mari mengenal kegunaan dan harga dari converter kabel sata / ata to usb, dan berapa harga di pasaran.
Klo dipikir-pikiur sih memang sudah saatnya kita beralih dari benda yang berat dan besar ke benda yang lebih ringan namun bisa mewakili secara fungsi dan manfaat, itulah yang terjadi dengan note book dan netbook. Ketika dirumah memang sangat mudah kita menggunakan notebook dengan layar besar. namun jika kita bepergian jauh saat ini kita tentu membutuhkan benda yang ringan din ringkas seperti netbook. 
Lantas kekurangan netbook adalah tidak adanya fasilitas CD / DVD Rom dan layar yang kecil. Namun jika anda memiliki DVD / CD Rw dirumah yang tidak digunakan tapi masih sehat. Anda bisa memanfaatkannya sebagai DVD eksternal. Lebih murah karena untuk membeli adaptor dan perlengkapan converter dari SATA / ATA ke USB anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 65 ribuan. Dan anda sudah memiliki alat yang bisa anda gunakan sebagai hardisk eksternal, atai DVD Rom eksternal jika memang dirumah anda memiliki HDD yang sudah tidak terpakai.
manfaat kegunaan sata / ata to usb untuk netbook

Manfaatnya bukan hanya untuk install ulang, tapi juga bisa kita gunakan untuk copy film, dll.  Yah memang tidak bisa dibohongi kebutuhan akan CD dan DVD file masih kita butuhkan hingga saat ini. 
Pada saat pemasangan kabel CD / DVD RW yang saya sambungkan dengan kabel converter, kemarin saya mengalami masalah karena tidak mau nyala, ternyata masalahnya adalah pada pin SLAVE (SL) anda pindahkan ke MASTER (MA) letaknya ada di belakang DVD Romnya. di sebelah kabel SATA. Setelah saya betulkan ternyata bisa dan sangat bermanfaat bagi saya yang memang sering bergelut dengan netbook setiap harinya.