Pengertian Telecommuting dan Cara Kerjanya?

Pengertian telecommuting sebenarnya adalah bekerja pada suatu instnasi / lembaga tanpa harus datang ke lokasi tempat dia bekerja, pekerjaan tetap dilakukan di rumah atau tempat lain yang masih terjangau oleh teknologi komunikasi yang digunakan untuk mendukung pekerjaan. Nah tentu hal yang jarang ditemui, namun sbenarny sistem ini sudah digunakan atau sudah ditemukan sejak tahun 1973 oleh Jack Niles yang dikatakan sebagai bapak telecommuting.
Lantas mungkin akan banyak keuntungand an kerugian dari penggunaan sistem ini, dimana seorang owner atau pemilik jarang bertemu dengan pihak yang menjadi pekerja telecomuting, keuntungan paling kelihatan adalah pekerjaan bisa selesai tanpa harus ke kantor, tidak perlu menyediakan tempat, lahan luas, tidak terjebak macet, namun sulitnya adalah ketika ingin menaikkan jabatan seoarng manager atau owner tentu akan memilih orang yang terlihat langsung dan bagaimana mereka paling bisa bersosialisasi dan penampilan tentu menjadi hal utama.
Jadi sebenarnya kunci utama bekerja sebagai telecommuter adalah ketersediaan media komunikasi baik email, chat, video call. dll. Saat ini sudah banyak tersedia layanan gratsi untuk itu, mulai dari google talk, yahoo mesenger, skype, dan layanan chat dan video chat yang akan memudahkan komunikasi. Lantas bagaimana dengan perkembangan dunia telecommuting di indonesia, rasanya belum terlalu terdengar dan belum banyak yang menggunakan sistem ini. Kalaupun ada sebatas pegawai out source atau pegawai luar yang bekerja secara part time dan tidak terikat dengan kantor atau instansi yang dinaunginya. Karena kebanyakan di indonesia beranggapan dunia nyata / dunia terlihat lebih penting dalam dunia pekerjaan. 

0 Response to "Pengertian Telecommuting dan Cara Kerjanya?"

Post a Comment