Pengertian Printer Ink Jet dan Printer Laser, Apa Bedanya?

Banyak yang bertanya apa sih bedanya dan pengertian dari jenis printer Inkjet dan juga printer laser, manakah yang lebih unggul , awet dan lebih ekonomis tentunya. Mari kita bahas bersama disini.

1. Pengertian printer Inkjet
Adalah printer yang menggunakan tinta untuk mencetak, jika dilihat dari hasil kualitasnya cukup bagus namun juga tergantung kualitas merk printernya. Kebanyakan dari jenis printer inkjet sering kita temui menggunakan tinta jenis dye, kelemahan dari jenis tinta ini adalah cepat pudar, walaupun jika dilihat hasil memang lebih bagus. Jadi kurang bagus untuk jenis photo warna, Ada juga jenis tinta pigment namun sangat jarang kita temuai printer dengan menggunakan tinta pigment karena biayanya akan lebih mahal.

penertian dan perbedaan jenis printer inkjet dan laser jet

2. Pengertian printer laser
Adalah jenis printer dengan bahan baku tinta serupa dengan serbuk atau toner. Keunggulan yang kita temukan dari penggunaan printer ini adalah waktu cetak yang lebih cepat, cara kerjanya hampir sama dengan mesin FC yang banyak ada di indonesia. Kebanyakan pengguna untuk printer ini adalah kantoran karena memang harganya yang mahal namun waktu print yang cepat. Jadi untuk kantoran memang jenis printer ini lebh baik, karena tidak serewel printer ink jet yang sering macet atau tinta cepat habis.

Nah itulah perbedaan yang terlihat dari kedua printer, jika anda hanya ingin meanfaatkan untuk mengerjakan tugas harian yang tidak membutuhkan hasil cetak yang maksimal, maka anda bisa memilih printer inkjet biasa, namun jika anda adalah orang aktif, di kantor dan anda membutuhkan mesin cetak yang cepat, hasil bagus dan juga tidak rewel maka anda sebaiknya membeli printer jenis laserjet. Jadi ke dua printer ini bisa jadi pertimbangan walaupun di luaran anda masih sering menemukan jenis printer lain seperti jenis printer dot matrix yang saat ini masih kita temui di tepat pembayaran listrik.