Apa Sih Pengertian dari Kernel dan ROM pada Android, dan Apa Perbedaannya!

Wednesday, 13 March 2013

Pengertian dari Kernel pada OS android sendiri adalah inti yang ada dari sebuah OS yang memang fungsi utamanya adalah penghubung antara hardware dan software atau sebuah aplikasi yang digunakan. 
Pengertian ROM adalah (Read only memory) merupakan memory jika dalam komputer digunakan sebagai tempat bios, kalau di android ROM ini adalah internal memory dimana OS android disimpan. Jadi dalam dunia android ROM bisa dikatakan sebagai tempat atau daya tampung dari OS yang saat ini sudah ada banyak versi mulai dari froyo, eclair, gingerbread dll. DI dalamnya terdapat paket program untuk game, sms, tampilan dll. Jadi jika anda ingin merubah interface maka yang diubah adalah ROM nya. 
Nah sekarang kita kembali ke bab Kernel. Kernel sendiri ketika kita sedang berinteraksi dengan aplikasi sebenarnya kita memerintahkan kernel untuk mengontrol hardware tersebut. Kernel juga bisa dimodifikasi sehingga hasilnya maksimal seperti yang dilakukan banyak developer. Yang dioptimalkan misalnya kerja (CPU, memory, audio, grafik dll). Jika anda ingin menginstal kernel biasanya sudah berada dalam satu paket ROM / OS tersebut. Nah sekarang sudah jelas bukan apa sebenarnya yang menjadi perbedaan antara kernel dan ROM pada dunia android. Bagi anda yang sering flash dan upgrade androdi tentu sudah apal dan diluar kepala untuk ngutak atik hal ini. 
Saya pun juga sudah memberanikan diri untuk upgrade versi lama dari HH xperia x10 mini pro, yang tadinya saya pakai e clair saya ganti menjadi gingerbread dengan fasilitas custom ROM dengan rooting tentunya. Walaupun saat ini lampu / backlight keypad jadi tidak nyala, saya kira ini masalah hardware karena baru saja dibongkar.  Setidaknya saya yang tidak ahli saja bisa melakukan rooting. Tentu yang lainpun mampu jika mau mencoba. Namun sebaiknya jangan dilakukan jika HH anda masih dalam tahap garansi karena akan hilang garansinya.

 
 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...