Bisakah BBM Voice Digunakan Di Jaringan Operator Edge / 3G / 3,5G

Menjawab pertanyaan apakah bisa melakukan panggilan BBM voice dengan jaringan operator edge, 3G, atau 3,5G?
BBM voice mulai diperkenalkan oleh pihak RIM beberapa bulan yang lalu dan yang jadi pertanyaan kenapa ternyata memang bbm voice membutuhkan beberapa syarat tertentu sebelum anda bisa mengunakannya. Syarat tersebut antara lain :

  • Anda harus memiliki OS BB yang sama, misal anda menggunakan BB 7 seperti 9900 misalnya, orang yang anda telpon juga harus menggunakan versi OS BB7 juga.
  • Anda harus berada di jaringan wifi, tentu wifi dengan kekuatan baik, bukan wifi tethering dengan kualitas kurang baik. 
  • Selain yang menelepon yang harus di jaringan wifi, orang yang anda telepon pun juga harus berada di jaringan wifi.
  • Anda harus berada di paket full service, dan jika anda menggunakan OS 10 kuota harus masih banyak.

syarat menggunakan BB Voice dengan BB os 7

Jadi kesimpulan dari pertanyaan di atas adalah apakah bisa BBM voice bekerja di jaringan edge, 3G, 3,5G. Jawabannya adalah jelas tidak bisa. Kecuali anda memiliki wifi tethering dengan modem 3,5G atau 3G dengan kualitas baik. Karena untuk melakukan BBM Voice hampir mirip dengan kita mendengar streaming radio misalnya, jadi butuh kecepatan internet yang mumpuni. Untuk pertimbangan penggunaan wifi sebagai koneksi BBM voice menutut kami untuk menghindari BB sendiri agar tidak panas, karena jaringan 3G dan 3,5G saat digunakan dengan aktif cenderung menghasilkan panas yang tinggi di HH anda. Sebagai contohnya saat anda menggunakan modem dengan setting jaringan 3G saja. Maka yang akan terjadi adalah panas yang sangat di permukaan modem, jadi hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kenapa RIM mempergunakan wifi sebagai jaringan koneksi untuk BBM Voicenya. Sedikit ulasan mengenai syarat agar anda bisa melakukan panggilan dengan BBM voice.